Mengapa Instalasi Air Bersih Rumah Secara Berkala Harus dibersihkan

Rumah dengan sumur bor
Rumah tangga yang menggunakan Sumur Bor sebagai sumber air untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, disarankan untuk secara berkala (teratur) membersihkan :
1.Sumur Bor
2.Instalasi Pipa di dalam Sumur,
3.Pompa Air Jet Pump
4.Toren Penyimpanan Air
5.Filter Penyaring Air
6.Instalasi Air Bersih di Dalam Rumah
Mengingat kondisi air tanah perkotaan sudah tercemar oleh berbagai limbah industri, berbagai penelitian terlah membuktikan bahwa air tanah perkotaan sudah tidak layak untuk dikonsumsi manusia. Akan ketapi karena keadaan, atau kondisi perumahaan yang belum di lewati oleh fasilitas PAM, tidak ada pilihan bagi warga perkotaan.
 
Untuk menghindari berbagai efek-efek negatif dari mengkonsumsi air yang sudah tercemar oleh limbah industri, ada baiknya secara berkala sumur bor di bersihkan secara teratur. Misalnya sekali dalam setahun. Kami melakukan pembersihan sumur bor dengan cara melakukan sirkulasi terhadap sumber air sembari memasukkan antibiotic. Sirkulasi terhadap sumber air dilakukan selama 2 sampai 3 jam. Kemudian 1 jam berikutnya adalah kegiatan membuang air sirkulasi sehingga akhirnya diperoleh air yang segar.

Sistim pipa air hisap yang ada di dalam sumur juga perlu dibersihkan. Bila sumur anda belum pernah dibersihkan selama paling tidak 1 tahun, dengan mudah terlihat, ketebalan sedimen yang ada di dalam pipa hisap dan Jet Head. Sedimen ini akan menjadi rumah tempat tinggal ideal dari berbagai berbagai jenis logam berbahaya serta berbagai jenis bakteri berbahaya bagi kesehatan manusia.
.
Pompa Tidak Pernah Dibersihkan
Pompa Air Jet Pump juga merupakan tempat mengendapnya berbagai logam berbahaya, serta rumah bagi berbagai jenis bakteri.

Demikian juga dengan Toren penyimpanan Air, coba anda cek sendiri Toren anda yang tidak dibersihkan lebih dari 6 bulan, di pastikan akan menjadi tempat berkumpulnya lumut, sedimentasi dari bahan bahan logam dan lumpur bawaan air tanah. Lumut hidup dan lumut mati serta sedimen ini akan menjadi rumah tempat tinggal ideal berbagai jenis logam berbahaya serta berbagai jenis bakteri berbahaya bagi kesehatan manusia.
Sama halnya dengan Instalasi air bersih dalam rumah. Dapat dipastikan, kalau bukan karena ada kebocoran atau mampet, instalasi air di dalam rumah jarang sekali tersentuh untu pemeliharaan. Selama puluhan tahun instalasi ini sedikit demi sedikit menjadi tempat menumpuknya berbagai kontaminan logam logam berbahaya, cacing serta berbagai jenis bakteri yang mengganggu kesehatan manusia. Kalau penghuni rumah anda sering sering kena penyakit Thypus atau sakit perut, ada baiknya ada memeriksa instalasi air bersih rumah anda.
dg