Sumur Bor


Bor Sumur Dengan Mesin

Gambar sebelah kiri adalah salah satu contoh mesin untuk membuat sumur bor. Mesin bor hasil rancang bangun dari para ahli dari Kota Bandung. 
Mesin bor portable ini mempunyai daya 3,5 HP, 2 stroke, dengan reduction gear yang vertikal ditengah, beratnya hanya 15 kg dioperasikan dengan dua orang dan mampu membor di formasi batu bara sampai 60 meter dengan cara touch coring, selain itu dapat dipakai untuk pemboran bedrock sampling.
RPM mesin ini dapat mencapai 2300 dan direduksi oleh gear box melalui automatic clutch untuk disalurkan putarannya ke rangakaian stang bor dan mata bornya.

Mesin bor portable multi guna merupakan karya rancang bangun alumni AGP yang menempati juara 3 lomba Rancang Bangun Teknologi 2000 diselenggarakan oleh BPPT pada "Hari Kebangkitan Nasional" 
(HARTEKNAS), 10 Agustus 2000 serta dalam rangka Hari Ulang Tahun BPPT ke 20 di Jakarta.
Alat ini bersifat multi guna yang dirancang untuk keperluan berbagai pekerjaan operasional pemboran yang berkemampuan sampai kedalaman 50 meter (tanpa rig) dan 100 meter (dengan rig), dengan diameter lubang bor 4 inchi. Mesin ini dirancang untuk mampu melakukan pemboran baik vertikal maupun horizontal.

Air adalah sumber alami yang mendukung seluruh kehidupan mahluk hidup dimuka bumi ini, tanpa air maka tidak akan ada kehidupan. Seluruh lapisan masyarakat dari mulai yang kaya sampai yang miskin memerlukan air.

Untuk mendapatkan air bersih saat ini didperolehdari PDAM, tetapi tidak/belum semua anggota masyarakat dapat menikmati  fasilitas dari PDAM, masih banyak bagian dari perkotaan yang belum terjangkau PDAM.
Bagi golongan menengah ke atas yang rumahnya belum tersentuh PDAM, mereka dapat membuat sumur bor dengan biaya yang cukup besar, tetapi bagi golongan bawah pembuatan sumur bor ini ini adalah merupakan hal yang mewah dan mahal.
Yang kami amati selama ini untuk pembuatan sumur bor dangkal,  ( dikenal sebagai sumur bor air Jet Pump) yang kedalamannya berkisar antara 40 – 50 meter. Kontruksin dan standar pembuatannya tidak memadai, sehingga air permukaan yang oksidasinya tinggi, atau air dari pembuangan/septic tank mengandung bakteri Koli masuk ke dalam sumur bor tersebut.
Kontruksi yang biasanya dikerjakan oleh pembuat sumur bor dengan cara manual yang kami perhatikan adalah sebagai berikut :
  1. Lobang terlalu kecil dengan pipa casing yang akan dipasang, misalnya untuk pipa casing 4" mereka membuat lobang bor paling besar 5".
  2. Penyekatan hanya memakai gulungan ijuk saja yang tidak dapat memisahkan air permukaan dan air yang akan dikonsumsi.
  3. Tidak adanya ruangan antara dinding luar casing dan dinding lobang bor, sehingga akan sering terjadi tersumbatnya saringan dari pada pipa casing.
Hal ini dapat dimaklumi karena peralatan yang terbatas dan pengetahuan yang dimiliki. Bentuk konstruksi sumur bor yang memadai setidaknya adalah sebagai berikut :
  1. Lobang Bor cukup besar minimal diameternya 4” lebih besar dari pipa casing yang akan dipasang. Sehingga cukup ruangan antara dinding luar pipa casing dan dinding lobang bor untuk gravel/ pasir kasar
  2. Gravel akan menyaring butiran pasir halus dan mencegah runtuhnya lobang bor untuk waktu yang cukup lama, sehingga  sumur bor akan bertahan lama.
  3. Kedalaman lobang bor harus dapat menembus lapisan pembawa air atau Aquifer yang baik, ini dapat dilihat secara visual, biasanya berwarna abu-abu kehitaman yang airnya cukup jernih dan bersih.
  4. Sebagai penyekat/sealing untuk mencegah masuknya air permukaan dan air yang berasal dari Aquifer yang kurang bagus  dilakukan dengan melakukan Grouting/ penyemenan, dengan campuran antara semen dan air adalah : Semen 1 zak dicampur dengan 20 liter air, dengan cara dipompakan atau dituangkan dengan hati-hati dan perlahan-lahan.
  5. Lobang saringan disesuaikan dengan butiran pasir dari aquifer yang diambil.
Untuk membuat Sumur bor yang baik dengan kontruksi seperti di atas dengan biaya yang cukup murah, sebuah team ahli dari kota Bandung berhasil merancang bangun sebuah jenis Mesin bor Portable dengan spesifikasi sbb :
  1. Mesin Bor Portable yang dapat dioperasikan oleh 2 orang dan ditambah dengan 2 orang lagi pembantunya
  2. Pompa pembilas, 8 HP centrifugal pump.
  3. Stang bor type AW, 50 meter.
  4. Water swivel
  5. Hoisting Plug
  6. Mata bor Three Wing Bit.
  7. Kunci pipa 24” dan 36 “.
  8. Slang pembilas 1” 6 meter.
  9. Mast/ Menara Bor tinggi 2,5 meter jika diperlukan.
  10. Triple Tube Corebarrel dengan mata bor intan/Diamond Bit
Dengan mesin Bor Portable ini pembuatan Sumur Bor hanya akan memakan waktu maksimal 2 -3 hari untuk batuan lunak dan untuk formasi keras tergantung dari kekerasan batuannya dan akan dibor dengan cara Coring.
Mesin Bor ini dapat dipakai di daerah yang terkena bencana dan secepatnya harus mendapatkan supply air bersih. Atau pada daerah yang belum terjangkau instalasi PDAM.

Anda tertarik dengan mesin ini silahkan hubungi kami :

Kristian Sitangang
0813 82 910 789
kris.sitanggang@gmail.com
melati258@gmail.com


Bacaan yang berhubungan :

Penampang Sumur
Pompa
Toren
Filter Air
Mesinbor.blogspot.com