Air Siap Pakai Dengan Menggunakan Filter Fisika

Kita prihatin dengan kondisi air tanah yang ada, Dari berbagai penelitian yang bisa kita baca di berbagai media, kondisi air tanah perkotaan telah tercemar oleh polutan yang bersumber dari limbah Industri.
Bukan rahasia umum lagi bahwa sumber air tanah di perkotaan bahkan sudah menjangkau wilayah pedesaan tidak siap untuk di konsumsi. Sumber air tanah ini memerlukan perlakukan khusus yaitu filterisasi sebelum siap dipakai. Ada berbagai cara perlakuan yang dapat dilakuan terhadap air tanah agar siap pakai. Yang dimaksud dengan siap pakai, air baru dapat dikonsumsi setelah dimasak atau melalui filterisasi yang bertujuan untuk langsung konsumsi. Berdasarkan kemampuan menyaring, bentuk, apa yang disaring dan apa hasil saringannya filter air filterisasi air dapat dikelompokkan dalam tiga jenis yaitu Filterisasi Fisika, Filterisasi Kimia dan yang terkhir Filterisasi Biologi.
Salah satu metode filterisasi untuk mendapatkan air siap pakai adalah dengan menggunakan metode filter fisika. 

FILTER FISIKA
Filter fisika atau disebut juga filter mekanis bisa menggunakan berbagai macam media tergantung kreativitas dan anggaran biaya yang kita siapkan.
Contohnya : carbon active, dakron, pasir, manganese greensand, brush, matras dan sebagainya, dengan kelemahan dan keunggulan masing – masing media.
Sistim fisika ini tidak harus memakai media filter seperti sistim filter yang lain.
Sistim filtrasi ini bisa kita buat tanpa media, dengan mengintegrasikan ke dalam rancangan kolam itu sendiri, sehingga rancangan kolam itu di buat sedemikian rupa sehingga sistim kolam itu sendiri berfungsi sebagai filter fisika.

FILTER BIOLOGI
Dalam sistim ini proses penyaringan dengan proses biologis dengan bantuan bakteri pengurai.
Sedangkan media yang digunakan sifatnya hanya sebagai tempat tinggal bakteri pengurai itu sendiri dan juga berguna sebagai filter mekanis / fisika.
Media yang dapat dipakai misalkan bio ball, Matras, ring Keramik , atau dapat kita buat sendiri misalkan dari pipa PVC.
Filter biologi dapat juga dengan menggunakan media tanaman air misalkan Teratai, enceng gondok, dan sebagainya, yang lebih dikenal dengan istilah vergie filter.
Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa membuat design kolam dan filter sangat flexsibel tergantung sisuasi dan kondisi.

FILTER KIMIA
Dalam sistim filter ini kita menggunakan media yang dapat meningkatkan kualitas air dengan proses kimiawi. Contoh media yang dapat dipakai misalkan, arang, batu zeloit, batu karang, memakai sinar ultraviolet, dll.
Cara Kerja :
Mengapa disebut filter fisika?
Sesuai dengan namanya filter Fisika adalah proses penyaringan air melalui mekanisme Fisika yaitu pemisahaan berbagai partikel yang semula bersatu dalam air secara emulsi. Seperti lumpur di dalam air, kandungan besi di dalam air, kandungan kapur di dalam air, kandungan mangan di dalam air dan berbagai kandungan lain di dalam air yang berbahaya untuk dikonsumsi manusia.

Pada filter yang kami buat, kami membuat peralatan yang berguna untuk memisahkan kandungan kandungan yang berbahaya untuk dikonsumsi oleh manusia dari air, sehingga air menjadi layak pakai. Proses pemisahan ini dilakukan dengan menggunakan prinsip prinsip Fisika.

FILTER DI PASARAN
Filter Fisika
















Waterco, Kombinasi Filter Fisika dan Kimia.












RO. kombinasi filter Fisika, Kimia dan Biologi