Air Bagi Kesehatan

Lebih dari 70% dari tubuh manusia mengandung air, yang mengisi 60.000 mil urat nadi dan arteri dalam tubuh. Air merupakan media yang sangat penting bagi segala proses biokimia tubuh yang berfungsi untuk memberikan zat pelumas pada sendi-sendi dan jaringan lunak dengan mengisi semua sel dan lubang-lubang kecil dalam tubuh.
Kandungan air dalam tubuh manusia : Otak 75%, Jantung 86%, Paru-paru 86%, Hati 86%, Buah Pinggang (Ginjal) 83%, Darah 83% dan Otot 75%, Otot 75% dan Tulang 22%.

Ada 3 hal penting yang sangat dibutuhkan tubuh manusia yaitu : 

1. Oxsigen / Udara
2. Air
3. Makanan

Dari ketiga hal penting tersebut sering kali kita lebih mementingkan makanan dari pada oxigen dan air. Pada hal bagi tubuh air lebih penting dari makanan sebagai penyebar nutrisi, oxigen dan hormon keseluruh jaringan tubuh. Menurut penelitian, manusia dapat bertahan hidup selama 17 hari tanpa makan tetapi hanya mampu bertahan hidup selama 3 hari tanpa minum air.

Dapat dikatakan air memegang peranan penting dalam tubuh manusia sehingga perlu diperhatikan kebersihan dan higienitasnya. Adapun fungsi air yang utama dalam tubuh manusia :
1. Melarutkan dan membawa nutrisi, oxsigen dan hormon keseluruh tubuh.
2. Membentuk sel-sel baru, memelihara dan mengganti sel-sel yang rusak.
3. Melarutkan dan mengeluarkan racun, sampah dari dalam tubuh.
4. Sebagai pelumas pada sendi-sendi tubuh.
5. Menjaga dan menstabilkan suhu tubuh.
6. Meredamkan benturan bagi organ vital di dalam tubuh.
Dikutip dari berbagai sumber